Observasi ke Total Nusa Tour&Travel untuk Mengetahui Jenis Tour Operator dan Jenis Tour

Gambar 1. Total Nusa Tour&Travel
Sumber : Firda Cynthia

            Pada hari Sabtu tanggal 15 September 2018, saya melakukan observasi ke salah satu Tour Operator di Yogyakarta yaitu Total Nusa Tour&Travel untuk mengetahui jenis tour operator dan jenis tour apa saja yang dimiliki oleh mereka. Total Nusa Tour&Travel ini memiliki cukup banyak cabang di beberapa kota di Indonesia yaitu di Yogyakarta, Jakarta, Makassar, Purworejo, Kebumen, Salatiga, Wonogiri, Sragen, Magelang, dan Klaten. Kemarin itu saya mengunjungi Total Nusa Tour&Travel yang beralamat di Jl. Hos. Cokroaminoto No.25 Yogyakarta, sebenarnya ada 5 kantor cabang di Yogyakarta, head office nya berada di Jl. Garuda No. 04 Demangan Baru, Yogyakarta.

A.  Profil Total Nusa Tour&Travel

 
Gambar 2 dan 3. Total Nusa Tour&Travel
Sumber : Firda Cynthia

Total Nusa Tour & Travel (PT. TOTAL NUSA INDONESIA) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tour and travel serta penjualan tiket pesawat online domestik dan internasional. Sebagai perusahan yang bergerak di bidang jasa, Total Nusa berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik, ramah dan profesional.
Sejak berdirinya hingga kini, Total Nusa terus berusaha berbenah diri melakukan pengembangan-pengembangan sebagai salah satu bentuk komitmennya.
Dengan semangat komitmen tinggi untuk meningkatkan pelayanan, Total Nusa telah mengembangkan sistem yang telah terintegrasi langsung dengan sistem milik maskapai penerbangan indonesia.Sistem ini diharapkan mampu memberikan informasi detail harga beserta jadwal keberangkatan rute domestik dan rute internasional.
 
                    Gambar 4 dan 5. Kartu Nama Total Nusa Tour&Travel                                                                                              Sumber : Firda Cynthia
Selain pengembangan sistem, pengembangan sumber daya manusia pun menjadi hal penting bagi mereka untuk memaksimalkan pelayanan kepada konsumen dan mitra bisnisnya.
Di tahun 2016, Total Nusa mencoba melebarkan sayapnya dengan mengembangkan sistem dari sistem yang sudah ada menjadi sebuah sistem yang terpadu yaitu sistem Online Reservation Ticket Agency.
Kedepannya Total Nusa akan terus berupaya melangkah maju melalui program-program yang sudah disusun demi memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.
B.    Jenis Tour Operator
Jenis tour operator itu ada jenis Wholeseler Tour Operator dan jenis Retail Tour Operator. Wholeseler Tour Operator yaitu penjualan produk paket wisata tidak dilakukan langsung kepada wisatawan tetapi melalui perusahaan perjalanan retailer, sedangkan Retail Tour Operator adalah penjualan produk paket wisata yang dilakukan langsung kepada wisatawan.
Gambar 6. Wawancara bersama salah satu staff Tour Operator
Sumber : Firda Cynthia

Menurut hasil observasi, Total Nusa Tour and Travel itu lebih ke jenis Retailer Tour Operator karena penjualan paket tour mereka langsung kepada wisatawannya. Mereka juga mengatakan bahwa sebagian paket tour mereka ada yang mengambil dari tour operator lain, contohnya tour-tour ke Eropa.
C.    Jenis Tour
               Mengenai jenis tour, mereka menyediakan Ready Made Tour dan Tailor Made Tour. Ready Made Tour itu jadi mereka sudah mempersiapkan dan mengatur terlebih dahulu paket tour tersebut yang didasari riset kebutuhan konsumen dengan memperhatikan target/sasaran pasar yang dituju. Tailor Made Tour itu paket wisata yang disiapkan berdasarkan permintaan dan keinginan wisatawan.

.
Gambar 7 dan 8. Contoh Susunan Jadwal Paket Tour
Sumber : Firda Cynthia
Paket tour di Total Nusa Tour and Travel ini melayani paket tour Domestik dan Internasional serta paket umroh. Paket tour domestik contohnya Bali dan Jogja Tour.   
                                         
                                                                                                                                          

Referensi :                                                                                                                          
Nuriata. 2014. Perencanaan dan Pelaksanaan Perjalanan Wisata : Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.



       

Comments

Popular posts from this blog

Membandingkan Dua Contoh Biro Perjalanan Wisata dan Online Travel Agent

Jenis Biro Perjalanan Wisata dan Jenis Tour dalam Perjalanan Wisata