Membandingkan Dua Contoh Biro Perjalanan Wisata dan Online Travel Agent

           Kegiatan berwisata saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia di seluruh dunia, setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk keluar dari rutinitas hariannya seperti pergi berlibur atau berwisata ke suatu tempat. Untuk membantu dan memudahkan manusia dalam kegiatan perjalanan wisatanya hadirlah banyak layanan jasa wisata seperti Biro Perjalanan Wisata dan Online Travel Agent.

          Biro Perjalanan Wisata menurut Nyoman S Pendit merupakan perusahaan yang mempunyai tujuan untuk menyiapkan suatu perjalanan bagi orang-orang atau seorang yang merencanakan untuk mengadakannya. Sedangkan Online Travel Agent merupakan biro perjalanan yang pemasarannya melalui website atau dilakukan secara online. Jadi perbedaannya ada di cara pemasarannya.

Perbedaan Biro Perjalanan Wisata Golden Rama dan Angkasa Tour&Travel
           Golden Rama merupakan Biro Perjalanan Wisata yang kantor pusatnya berlokasi di Jl. Tanah Abang II No. 73-75, Jakarta Pusat. Golden Rama ini sudah memiliki beberapa kantor cabang. Golden Rama memiliki berbagai macam paket yang ditawarkan, ada paket domestik dan paket internasional, cruise, pengurusan dokumen/visa, berbagai macam tour, serta ada asuransi perjalanan. Disini lebih banyak penawaran paket wisata internasional daripada domestik nya.



     Sedangkan untuk Angkasa Tour&Travel, berlokasi di Mangga Dua Square, lantai UG, blok B.P.021&P.002, Jl. Gunung Sahari No. 1, Jakarta Utara. Disana juga menawarkan paket wisata domestik dan internasional, tetapi tidak sekumplit dan sebanyak di Golden Rama. Angkasa Tour&Travel juga menawarkan hotel, sewa mobil, dan pembuatan visa.



            Menurut pendapat saya, paket wisata yang ditawarkan di Golden Rama lebih menarik dibandingkan dengan paket wisata yang ada di Angkasa Tour&Travel dan harga paket nya lebih murah.

Perbedaan Online Travel Agent Traveloka dengan Tiket.com
       Traveloka dan Tiket.com merupakan Online Travel Agent yang ada di Indonesia. Perbedaan-perbedaan yang saya temukan mengenai dua Online Travel Agent tersebut adalah yang pertama dari segi harga, selisih harga normal tiket dari Traveloka dengan Tiket.com tidak jauh berbeda hanya beda ribuan saja. Kemudian dari segi layanan yang ditawarkan, di Traveloka terdapat lebih banyak fitur layanan yang disediakan yaitu tiket pesawat, hotel, tiket bus&travel, tiket kereta api, pesawat+hotel, aktivitas dan rekreasi, pulsa dan paket internet serta internet luar negeri, sedangkan di Tiket.com hanya terdapat layanan tiket pesawat, hotel, tiket kereta, sewa mobil, serta entertainment seperti tiket konser. 





          Mengenai metode pembayaran di Traveloka maupun Tiket.com menyediakan metode pembayaran yang beragam seperti transfer via ATM, kartu kredit, internet banking, serta m-banking. Dalam hal ini, baik Traveloka maupun Tiket.com relatif seimbang.

          Setiap Biro Perjalanan Wisata maupun Online Travel Agent memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hanya saja di era yang serba digital ini menurut saya Online Travel Agent lebih simple dan praktis dibandingkan dengan Biro Perjalanan Wisata.




Referensi :









Jenis Biro Perjalanan Wisata dan Jenis Tour dalam Perjalanan Wisata

   Biro Perjalanan Wisata (BPW) atau bisa disebut juga dengan Tour Operator adalah sebuah lembaga yang mempersiapkan/menyediakan beberapa komponen perjalanan wisata dalam sebuah paket perjalanan wisata. BPW ini meliputi usaha penyediaan jasa perencanaan dan atau pelayanan dan penyelenggaraan pariwisata, berbeda dengan Agen Perjalanan Wisata atau sering disebut Travel Agent yang hanya meliputi usaha jasa pemesanan sarana dan pengurusan dokumen perjalanan.

         Terdapat dua jenis BPW atau Tour Operator yaitu Wholesaler Tour Operator (WTO) dan Retail Tour Operator (RTO). Pada Wholesaler Tour Operator (WTO) ini, penjualan produk paket wisata tidak dilakukan secara langsung kepada wisatawan melainkan melalui perusahaan perjalanan retailer, sedangkan Retail Tour Operator (RTO) ini dilakukan secara langsung kepada wisatawan penjualan produk paket wisatanya. Produk yang dihasilkan oleh Wholesaler Tour Operator (WTO) biasanya lebih banyak dibandingkan dengan Retail Tour Operator (RTO) sehingga dibutuhkan Travel Agency sebagai perantara untuk memasarkan produk secara luas dan menjangkau wisatawan.


Jenis Tour dalam Perjalanan Wisata

A. Jenis Tour berdasarkan Wilayah Perjalanan Wisata
  1. Wilayah Negara          
        
Jenis Tour
Wisatawan
Wilayah
Domestik Tour Wisata Nusantara
Warga Negara Indonesia
Warga Negara Asing tinggal di Indonesia
Di dalam negeri
Inbound Tour
Incoming Tour
Wisata Mancanegara
Warga Negara Asing
WNI tinggal di Lusr Negeri

Di dalam negeri
Outbond Tour
Overseas Tour
Tour ke luar negeri
Warga Negara Indonesia
Di luar negeri

    2. Tour di Darat
  • Overland Tour : tour yang dilakukan sepanjang daratan pulau/benua. Contohnya Java-Bali Overland Tour.
  • Mountain Tracking Tour : perjalanan pendakian gunung trekking. Contohnya di Gunung Rinjani.
  • Menelusuri Gua. Contohnya Gua Petruk Exploring Tour
  • Memanjat Tebing. Contohnya di Gunung Parang
  • Menuruni Luweng : lubang yang berada jauh di bawah permukaan tanah. Contohnya di Luweng Ombo Pacitan.
   3. Tour di Laut/Danau/Sungai
        Laut dibedakan menjadi laut lepas dan pantai, contoh perjalanan laut lepas adalah sailing tour dan                 fishing tour. Perjalanan wisata di sungai misalnya menangkap ikan atau memancing dan arum jeram.               Kemudian perjalanan wisata di udara misalnya ekplorasi pemandanga dari udara dengan balon dan               Joy-Flight tour yakni perjalanan wisata dengan pesawat berleliling di atas kota atau daerah tujuan                   wisata. 

B. Jenis Tour berdasarkan Jumlah Peserta
  • Individual Tour : dilakukan secara perorangan, tidak ada pemimpin perjalanan wisata.
  • Group Tour : dilakukan secara rombongan, dengan jumlah peserta 20-30 wisatawan dan ada pemimpin perjalanan wisata.
  • Mass Tour : rombongan besar antara 300-400 wisatawan 
C. Jenis Tour berdasarkan Usia
     Ada dua jenis yaitu Youth tour dan Elderly tour. Jenis tour yang sifatnya berada di antara usia remaja dan lansia cukup disebut standard tour. 

D. Jenis Tour berdasarkan Tipologi Wisata
  • Mass Tour : berlaku umum, semua wisatawan dapat mengikuti acara perjalanan wisata 
  • Alternative Tour : berlaku umum dengan pilihan, wisatawan dengan pilihan/kesenangan/hobi/keilmuan mengikuti acara perjalanan wisata
  • Special Interest Tour : tidak berlaku umum dan bukan alternatif, merupakan tour dengan minat khusus
E. Jenis Tour berdasarkan Waktu Penyelenggaraan dalam Satu Hari
  • Morning Tour 
  • Afternoon Tour
  • Evening Tour
  • Night Tour
F. Jenis Kelas Tour
    Penggolongan jenis kelas tour bukan berdasarkan isi atau kualitas produk paket wisata saja, tetapi                 berdasarkan perilaku dari produk paket wisata sendiri. jenisnya yaitu Deluxe Tour, Standard Tour,               Economy Class Tour, dan Budget Class Tour.

G. Jenis Tour berdasarkan Moda Transportasi
  • Bus and Car Touring
  • Train Touring
  • Boat Touring
  • Cruise Line Tour


Referensi :
Nuriata. 2014. Perencanaan dan Pelaksanaan Perjalanan Wisata : Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.

Dahlia, Lia. 2017. Makalah Jasa Biro Perjalanan Wisata. Diakses dari:  https://lhyia.wordpress.com/2017/08/06/makalah-jasa-biro-perjalanan-wisata/

Comments

Popular posts from this blog

Observasi ke Total Nusa Tour&Travel untuk Mengetahui Jenis Tour Operator dan Jenis Tour

Jenis Biro Perjalanan Wisata dan Jenis Tour dalam Perjalanan Wisata